Tuesday, February 20, 2007

The End of Beginning


Alhamdulillah…akhirnya setelah 4 tahun makan bangku, meja sama materi kuliah di fak ekonomi jurusan IESP (Ilmu Ekonomi Studi Pengusaha):> UNSOED kelar juga! Inget banget waktu itu hari sabtu tanggal 25 November 2006 gw pendadaran/ujian terakhir. Mau ga mau harus lulus, kalo mo diwisuda Desember!soalnya daftar wisuda terakhir hari itu juga. Waktu itu gw harus buat surat keterangan lulus sebelum gw lulus, haha bisa ga lu..:))) Bayangin aja….(udah belum bayanginnya?) persiapan buat ujian akhir cuma 3 hari. Waktu itu gw cuma bisa berharap sama sang maha mengetahui, sang pengasih raja dari segala raja.…”Nu maha Agung tulung pangluluskeun abdi”.

Materi yang gw pelajari cuma dari contoh2 soal pendadaran yang ga jelas lisensi dan penerbitnya..beruntung gw punya temen “panik” 2 orang bos amrih sama oki, kita bertiga minta tolong di privat sama pak rusmusi. Pas minta izin sama beliau, malah dimarahin “koe telung dina mau pendadaran, baru kesini!” maklum biasanya yang privat pendadaran sama beliau 2 bulan-2 minggu sebelum pendadaran udah selesai privatnya. Tapi dengan baik hati + geleng-geleng kepala akhirnya pak rusmusi mau juga transfer ilmu. Dengan syarat harus traktir makan dan karoke di buntos, hehe becanda pak!

Dari waktu 3 hari, yang efektif cuma 2 hari, sisanya ngomongin yang jorok2..haha…kita betiga (gw, amrih sama oki) waktu tu gi kompak banget, pokoknya kerjaannya bahas soal sama diskusi materi buat pendadaran.

Sabtu, 25 November 2006. hari penentuan gw tiba juga. Jam set delapan gw udah berangkat dari kontrakan lengkap dengan baju Hitam Putihnya + restu orang tua dan tidak ketinggalan SMS motivasi dari my soulmate. Pas di kampus belum juga gw ngasih tanda tangan sama Fans2…, salah satu Dosen Penguji gw manggil (jadwal ujiannya jam 9 padahal).

Kamu mas Hendra?” kata pak goro yang berkumis

siapa sih lu?” kata iklan tuh.hehe

iya pak” nah ini baru kata gw

ya udah cepetan masuk kita ujian sekarang” masih kata pak goro yang tetep berkumis

tapi pak?!?!?!?!?!?!” gw langsung terkenal eh panik

Amrih nongol dan langsung bergabung dengan muka khas nya..(kebetulan kita se-tim)

langsung aja” kata pak goro

mas hendra apa yang dimaksud prinsip ekonomi”tetep

eu…anu..eu…bla…bla..”ampun.. pertanyaan yang katanya anak TK aja belum tentu tau jawabannya, ya iya laaaaaah. Kalo anak SMA mah pasti tauuu!gw malah rada-rada bingung saking tenangnya=panik.Kutukan serupa nan la’nat pun sama menimpa amrih yang aiueo…aiueo…

Singkat cerita dosen penguji pertama selesai, tinggal 3 dosen lagi! Detik demi detik berlalu, jam demi jam, tahun demi tahun. Ngaco maneh mah! Akhirnya ketiga dosen lainnya datang. Tapi memang Tuhan sayang ma gw, salah satu dosen pengujinya pak rusmusi(yang mrivat gw). Walaupun sempet ada substitusion dosen (maen bola kali…) karena ada yang ga hadir. Ujian pun dimulai yang kali ini di panel (langsung 3 dosen katanya). Kata pak rusmusi kalo masuk keruangan pendadaran tenang, senyum dan ajak salaman dosen pengujinya (nice tips) soalnya dosen tuh suka nguji mental dengan masang muka orang lain eh muka galak n serius, ya udah pas masuk gw langsung pasang muka ramah n berencana ngajak salaman. Tapi pas gw menjulurkan tangan, untuk salaman tentunya. Gw malah dibentak sama pak ahmad nur “ ngapain salaman segala, kaya mo lulus aja”gitu katanya.

Aduh! Gw jadi salting. Terus untuk ke berapa kalinya gw lupa, gw pasrahin aja sama tuhan + minta kekuatan.”jedak, jeduk, jedak jeduk, drrr, awww…bla..bla..” kira2 kira gitu kejadian selanjutnya. Sekitar 15-20 menit ujian pun selesai (cepet kan, kebetulan dosennya mau rapat). Anehnya lagi pak ahmad nur masih g mau gw ajak salaman. “belum ada pengumuman lulus”beliau bernyanyi…

Alhamdulillah…tinggal nunggu pengumuman hasil sekitar jam 12an hari itu juga.>>>>>>>> setelah menunggu sambil harap-harap cemas, sekitar jam 12 lebih dikit aja. Pak dekan pun siap2 mbacain hasilnya…lansung aja yaa.. pokoknya gw lulus.

Tapi ini yang lebih seru, ternyata perjuangan gw belum berakhir. Setelah tanda tangan SKL(surat keterangan Lulus) gw ma temen2 lainnya langsung menuju pusat administrasi tuk daftar wisuda. Tapi pas nyampe di tempatnya ada satu syarat yang belum gw penuhi (beberapa tmn lain jg). Yaitu kwitansi pendaftaran wisuda!!!!!!

Sebelumnya gw udah antipasi ini, tapi kata orang yang berwenang di bag pendidikan ga masalah, soalnya gw pendadaran terakhir jadi ada toleransi dan hari sabtu pula (bank tutup). Tapi lain orang lain masakan, eh urusan ding. Bapak2 di bagian pendaftaran wisuda masa Bodo dan g mau tau. Malah dia sibuk telepon sana-sini saling menyalahkan?!?!?!?.. kata dia berarti gw ga bisa wisuda desember ini, soalnya bank juga tutup udah jam set 1 lebih lagi Anjrit!!tapi gw, amrih sama oki g peduli. Kita lari-lari kaya film india ke bank BNI depan kampus kali aja ada pertolongan tuhan lagi! Dan benar emang tuhan sayang umatnya termasuk gw. G tau knapa banknya masih buka, walaupun diketok2 dulu dan sempet ngmong ini-itu…..

Setelah bayar n dapat kwitansi gw ma yg lainnya lari lagi ke bag pendaftaran. Alhamdulillah selesai juga prosesnya….Plong…..kaya iklan permen bolong!setelah selesai gw duduk dilantai agak menjauh dari yang lainnya, disitu gw sempet terharu dan hampir nangis…”terima kasih tuhan semua ini hanya karena pertolongan-Mu” pkiran gw waktu itu sempet kosong..lalu timbul pertanyaan ”setelah ini mau apa?” beberapa saat gw ga bisa mikir tuk jawab pertanyaan itu…tapi cling! Gw semangat lagi. Ya udah saatnya gw harus balas budi sama orang-orang terdekat gw, orang tua dan keluarga, neng indah, temen dan sodara gw di purwokerto.

Ya! Gw harus ngejer impian-impian gw lagi…gw pengen jadi pengusaha sukses, harus jadi pengusaha yang berguna!nyiptain banyak lowongan pekerjaan!harus! bantu ekonomi keluarga! walaupun saat itu gw belum tau caranya. Yang terpenting gw yakin gw bisa!Amin

Gw tau lulus dari kuliah bukan akhir, tapi awal gw berjuang untuk menjadi manusia yang lebih berguna, yang tau tujuan hidupnya!

SMANGAT!!!!tuhan pasti masih dan akan terus sayang gw




1 comment:

Anonymous said...

sip... yo keep struggle on your own way..... mudah2an tar pas gw pendadaran bisa dkasih privat juga ama mr rusmusi he he he.... tapi masih lama sih.... lam kenal bos... visit my blog at http://g0bl0gs.blogs.friendster.com/goblogs/