Monday, March 26, 2007

Industri Garmen Memang Sedang Terpuruk

Merujuk pada Tulisannya Bapak Roni, Tahun Buruk Untuk Garmen
kemarin hari senin, saya mendapatkan bukti baru, kami pedagang-pedagang (khususnya pedagang garmen) di PUSAT GROSIR CIREBON (PGC) melakukan demonstrasi damai ke DPRD Cirebon. tuntutan kami adalah supaya DPRD bisa menjembatani dan memberi masukan mengenai kondisi perekonomian yang sedang lesu, daya beli masyarakat turun tetapi kami para pedagang harus terus berusaha keras membayar cicilan kios, 4-5 bulan terakhir ini malah sering nombok atau pendapatan tidak bisa menutupi kewajiban. berbeda dengan tahun kemarin omzet di toko keluarga saya saja bisa mencapai 300% dari bulan2 terakhir ini. sebenarnya masalah ini sudah sering dibahas, dan salah satu usulan dari kami adalah perpanjangan cicilan kios dari 3 tahun menjadi 5 tahun. tetapi pengelola tidak/belum setuju, oleh karena itu kami mendaangi DPRD untuk mencari solusi bersama.

memang pengelola sudah sangat bijak sekali, dengan memperpanjang batas tunggakan dari 3 bulan menjadi 6 bulan. tetapi kondisi tidak kunjung membaik, bukannya menyalahkan keadaan, saya sendiri sudah sering mengadakan sensational offer untuk meningkatkan penjualan, tetapi memang daya beli sedang menurun. semoga kami semua bisa bertahan. Amin...

Tanggapan dari DPRD pun sangat menentramkan kami, mereka berjanji akan membantu menyelesaikan masalah ini, semoga bukan hanya sekedsar janji. Amin..

sampai kemarin saya sendiri baru mengetahui bahwa sebagian besar pedagang disini kesulitan membayar cicilan kios. alhamdulillah kios kami sendiri masih bisa bertahan, walaupun hanya cukup untuk membayar cicilan dan karyawan, bahkan sesekali pendapatan tidak menutupi, tetapi reziky selalu ada, misalnya suplier-suplier kami yang begitu baik hati meminjamkan barang, dan saudara-saudara yang selalu siap membantu. pengalaman kesulitan ini justru semakin menguatkan kami, semakin mengasah pikiran kami, semakin mendekatkan kami sama sang maha pemilik rezeky.

semoga semuanya berjalan lebih baik lagi...
SMANGAT!!!

Salam,

Hendra

2 comments:

Arbi said...

masa gak ada yang ngasih komen..

tak kasih deh..

gila ya. tapi emang dimana-mana lagi sepi pasar..

gw kemaren ngomong ma suplier dari jkt. semua daerah dia masukin barang emnag sepi.

jadi bukan cuma garment. tapi transportasi (sepeda) juga

hahahahahha...:D

gmna indutri lain ya?

harusnya emang diversifikasi...

semanget!!!!!

Anonymous said...

jangankan sepeda, temen saya yang di nestle (susu) aja bilang sepi, yang di blitar (dagang telor) sepi juga... ampun.... tapi tetep semangat donk.. habis gelap terbitlah terang