Wednesday, May 30, 2007

Tips & Trik Bagaimana Membuka Usaha Clothing Kaos

Sebelumnya mohon maaf, tip dan trik ini hanya sekedar tulisan ringan saya, barangkali mengganggu dan kurang bermanfaat silahkan dilewatkan saja. Modal pertama jika mau membuat sebuah usaha clothing seperti produk2 dari distro di Bandung yang terkenal itu. Modalnya cuma kemauan dan semangat oh iya jangan ketinggalan jiwa entrepreneur, ga usah minder kalo ga bisa design, ga usah minder kalo ga bisa nyablon, apalagi minder karena ga bisa jahit. Kalo ga punya modal gimana? Tenang2 ga usah panik,hehe..kamu-kamu ga usah punya modal besar buat beli mesin konveksi, alat2 sablon plus mesin press nya yang harganya lumayan mahal. Ok2 kalo modal ga usah dipikirin dulu, sekarang saya coba sebutin apa2 saja yang dibutuhin buat bikin usaha ini.

  1. Pikirin IDE dasarnya dulu, ini penting banget. Kaos seperti apa yang pengen kita bikin. Tema atau Topik, Karakter dan target market yang mo di bidik (waduh kaya sniper aja maen bidik!) Kalo asal-asal kaos dijamin deh ga bakal bertahan lama dan kalah sama pemodal2 besar.
  2. Bikin Brand, ini langkah kedua harus ditempuh, untuk hal ini jangan dengerin Shakepeare, biarin dia ngomong “apalah arti sebuah merk eh nama”. Banyak untungnya produk kita ber-merk, merk membuat produk kita beda, merk membuat produk kita unik, merk membuat produk kita tidak menjadi komoditas (aduh jangan sampe deh produk kita jadi komoditas, karena nantinya kita harus bersaing disisi harga. Ujung2nya kalah deh sama pemodal raksasa). Untuk mendalami merk, saya merekomendasikan bukunya mas Ippho Santosa yang berjudul HOT BRANDING.
  3. Nah kalo udah dapet idenya, bikin TIM. Disini nih EQ (Entrepreneur quotient) kita diuji. Pertama cari yang jago design (Utamain Bisa Corel Draw dan Adobe Photoshop), Designer ini nantinya yang bikin kaos Temen2 punya kharakter sendiri, harus beda dan unik tentunya. Jadi si designer ini harus ngerti banget ide dasar yang udah temen2 tentuin di point pertama. Sebagai percobaan minta dibuatin beberapa design, mulai dari Brand, logo sampe design kaosnya.
  4. Sekarang langkah keempat, masih dibagian pembentukan TIM, cari penjahit sama toekang sablon, cari yang berpengalaman dan udah jago supaya produk kita berkualitas tinggi. Kalo udah dapet baru beli mesin jahit konveksi sama alat2 sablon. Untuk mesin jahit kaos minimalnya kita harus punya, mesin potong kain, mesin jahit high speed, mesin obras, dan mesin overdeck lebih bagus lagi punya mesin jahit rantai dan setrika uap. Nah kalo peralatan sablon antara lain mesin, Screen, Rakel, Meja sablon plus Meja pembuatan Film, hot press, Pasta, Pewarna, Obat emulsi, Obat pembersih dll…
  5. Waduh2…kalo mulai bingung kita bisa melewatkan point 4 yang sarat modal. Wuasyik berarti bisa ga modal dong, Hush…mana ada usaha ga modal sama sekali. Ga perlu pusing proses produksi plus modal produksinya. Banyak kok yang nyediain jasa makloon produksi, dari mulai jasa makloon jahit sampe jasa makloon sablon. Nah tinggal bagaimana temen2 jeli mencarinya. Hehe..
  6. tinggal sekarang nyiapin peralatan tempur, oops peralatan produk clothing temen2

  • Kain. Banyak sekali Jenis kain untuk t-shirt dari mulai Higet (biasanya untuk kaos partai), PE dan TC (Banyak mengandung bahan polister, jadi agak panas), Katun combat, Katun Kardet, Double Nit, Single Nit, Lacoste dll. Nah kalo standar kaos-kaos distro pake katun Combat (kualitas terbaik). Masalah harga tinggal tanya sama toko2 penjual kain kaos (ya iyalah..) rata-rata harga katun kombat Rp. 45.000-Rp 60.000 / kg. yang paling murah warna putih dan hitam yang paling mahal. 1 Kg bisa di buat menja di 3,2 kaos dewasa laki-laki lengan pendek, kalo panjang paling jadi 1,5 kaos. Oh iya jangan lupa beli rib, rib itu kerah buat di kaos oblong. Rib juga ada yang katun ada yang PE. Kalo mau bikin kaos berkerah (wangki) beda lagi bukan pake rib, tetapi pakenya kain kaos juga yang dibentuk kerah.

  • Label ini biasanya ada di leher kaos bagian belakang dalem, label fungsinya sebagai identitas produk kita, karena memuat logo, ukuran dan merk produk. Harganya murah Cuma Rp 700- 4000 /lusin tergantung warna, ukuran dan design, tapi jangan seneng dulu, harganya memang murah tetapi minimal pesanan harus banyak biasanya minimal 500 lusin, tergantung pabrik labelnya, ada yang minimal order Rp 700.000.

  • Tag . Tag dipakai untuk aksesoris brand kaos yang memuat info produk seperti harga, kode, ukuran, sama identitas produk atau bisa juga contact person produsen . Tag biasanya dibuat dari kertas atau plastik dengan sistem cetak atau sablon. Kalo mau dicetak harus buat banyak. Untuk memasang tag ini memakai tag gun bersama tag pin. Harga tag gun sekitar Rp 50.000 dan tag pin sekitar Rp.25.000 sudah dapet 1 kardus.

    • Kemasan. Kemasan ini sebagai pemanis dari produk bisa dibuat dari plastik, box atau kain. Lebih baik lagi pada kemasan ini terdapat identitas produk.
    • Pemasaran. Untuk permulaan, jual lewat temen-temen deket dulu, temen jauh, sodara deket sampae sodara jauh, trus jual sama orang yang ga kenal, hehe.... becanda. kalo blm punya tempat bisa di titipkan/konsinyiasi ke distro2 yang ada di sekitar tempat temen2, pola kerjasamanya tergantung kesepakatan masing-masing, biasanya dpt potongan 10 % - 20 %.

    Nah sekarang kalau sudah jadi jangan lupa kirimin saya satu, hehe…tugas terberat adalah masarin produk. Disini EQ (entrepreneur quotient) sangat dibutuhkan.

    Okeh…tip & trik nya segitu dulu…cape nulisnya, hehe…kalo masih bingung silahkan ajukan pertanyaan. Insya allah di jawab. Oh iya tip & trik ini Cuma buat pemula yang belum pernah sama sekali terjun kebisnis kaos. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

    LEARN BUSSINES, FOR BETTER LIFE

    Wassalam,

    Hendra

    sharing-sharing juga bisa via sms (08156996934), karena kalo lewat coment di blog jarang ke buka.

    30 comments:

    WURYANANO said...

    Hebat...orang muda seperti mas Hendra ini...penuh semangat entrepreneurship...Luar Biasa Prima!

    Sukses terus,

    Wuryanano

    dhani said...

    mas hendra...saya punya niat ingin membuka sejenis distro di cirebon. bagaimana kira2 peluangnya dan langkah apa yang mesti saya persiapkan? terimakasih

    Anonymous said...

    pertama saya mo bilang mas hendra hebat nih masih muda dah jago he he he . . .klo boleh saya mo nannya nih mas. . .saya tertarik banget ma posting yang usaha clothing kaos saya bisa sablon tapi saya d bidang sablon kertas n plastik. . .klo kaos saya baru coba2. . tapi dah berkali2 utak-atik cat (khususnya untuk sablon di bahan warna gelap)hasilnya ga bagus(mendem) n pudar gtu. . .jd klo bisa kasih info dong perbandingan campuran catnya. . .ato ada cat kususnya?


    makasih bnyak mas hendra. .

    Anonymous said...

    mas hendra..saya sudah punya usaha clothingan walau masih kecil..tapi rekanan saya sudah cukup banyak..dari pelajar sampai kantoran..mas tahu dimana penjual mesin jahit kaos yang lengkap dan murah?....hidup entrepeneur..."hidup bukan apa yang anda bayangkan, tapi apa yang anda lakukan"..thanks!

    Anonymous said...

    Mas, mau nanya, nyari tag pin dan tag gun di mana seh? tulung disampaiken via hanin_keren et yahoo titik com. Makasih berat.

    Anonymous said...

    Mas, bisakasi tau gak alamat yg juat mesin, kaos and tagnya :)
    makasih

    Anonymous said...

    Salut bwt mas nie...mas saya juga lagi mau usaha produksi sablon kaos...skrg lagi cari2 info...kalo saya join dgn mas untuk skrg ini gmn? karna klien saya cukup byk tapi yg mengerjakan saya oper ke vendor lain...

    Anonymous said...

    Hi I've been reading all you post in Indonesian Language. Saya dari Malaysia. Was browsing and checking jika sesiapa yang bisa memberi contact untuk membeli mesin sulaman halus dari Indnesia. Please email me at sallehgina@hotmail.com.

    Thanks a lots !! And keep up a good bisnes yeh.

    Raffa said...

    SUMBER MAS GARMENT JOGJAKARTA
    JALAN KADIPATEN KIDUL NO 63 TELP O274- 414185 / 0274 387339
    HP 081802702616
    KAMI MENERIMA JAHIT,BORDIR DAN SABLON SAJA DAN PRODUK JADI.
    KAMI SUDAH BERPENGALAMAN MENJAHIT KAOS,TRAINING,HEM,JAKET,JAMPER DLL
    PELANGGAN TETAP KAMI DARI DAGADU ASLI JOGJA, DISTRO2,BANK ,SEKOLAH DLL.
    LAYANAN CEPAT HASIL BERKUALITAS

    Anonymous said...

    mas saya pengin berusaha sablon kaos. bisa tanya engga dimana jual alat sablon di jogja. sehubungan saya tinggal di daerah di kalimantan tengah, masih belum ada tempat sablon.
    atas bantuan dan perhatiaanya saya ucapkan terima kasih.
    email saya : elanghitam_114@yahoomail.com

    Anonymous said...

    bingung mau bikin kaos satuan / couple, bikin kaos utk event, branding or komunitas...

    disini tempatnya, bikin kaos paling mudah dan cepat di jogja

    mau bkin jacket, t-shirt, polo shirt, cardigans, vest, pants, hot pants, boxer, shirt and many merchant for distro, souvenir pernikahan

    percayakan pada kami
    standar distro (jahit rantai dan sablon rubber)

    menerima jasa jahit rantai
    menerima jasa sablon
    menerima jasa pengurusan bordir

    menerima pembuatan kaos untuk komunitas
    menerima pembuatan kaos kelas ato kaos angkatan
    menerima pembuatan kaos untuk branding dan korporat

    percayakan pada kami, tempat bikin kaos paling mudah di jogja
    buat anak SMA dan kampus

    membantu pembuatan t-shirt/ kaos untuk event, branding, komunitas, souvenir dll

    Mengerjakan pesanan t-shirt/ kaos special cotton combet (kenari, kota indah, kahatex dll) dengan sablon rubber (L.A, GL). Design non separasi maupun non separasi. Standard distro dengan jahitan rantai karena kami punya merk clothing sendiri

    Anda mencari CMT di Jogja? Kami juga melayani CMT anda di bidang KONFEKSI, kami akan mengerjakan pesenan anda, dalam bentuk kain sudah potongan, kami siap mengerjakannya..

    Anonymous said...

    Wah hebat mas.... tp kita mo coment sedikit ya mas. klo mo produksi sendiri kan butuh modal gede mas bayangkan mesin jahit Juki High speed harganya perbiji 3 jt, mesin over deck made in cina paling murah 3 jt, mesin obras benang 4 paling murah bikinan cina 3 jt mesin cuutingnya 1 jt,belun lagi harga mesin pres kaos yang mencapai 13 jt tu yang kecil belon lagi bahan baku, upah tenaga kerja, listrik dll. kan modalnya gede mas sementara brand kita baru butuh sosialisasi pasar tu makan waktu lama lo mas, sementara produck distro kan sifatnya trend, biasanya klu bis nis sifatnya trent tu gak lama, soalnya kita juga punya produksi dengan format yang sama sy punya bisnis garment dengan 75 karyawan, dan sy perlu 7 tahun untuk membangun bisnis bisa sampai sekarang, klu cuma produksi sich hampir semua orang bisa melakukanya yang sulit kan mengangkat brand kita sampai dikenal orang dan membangun marketingnya. sementara klu dimaklun marjin yang kita peroleh jadi berkurang

    Anonymous said...

    Mas, Artikelnya bagus, pengambaran masalah dan solusinya lengkap.
    Mohon izin ngelink artikelnya ya, untuk blog kumpulan tips usaha dari para wirausahawan.

    Anonymous said...

    Salut n sUkseS yah..aku mau tanya tema-tema distro tu apa aja sih aku ada beberapa konsep design kaos tapi aku blum bisa nentuin masuk tema apa yang pas..Ok Tq yahh..

    Anonymous said...

    Thanks mas hendra. Tipsnya menarik
    Saya punya usul, gimana klo di muat d blog ini, tempat2 dan contact person penjual peralatan dan perlengkapan dan material untuk usaha clothing, tapi yg terpercaya untuk belanja online (pengiriman untuk luar jawa). Karena sekarang greget usaha clothing sdh mulai bergairah di luar jawa.

    Anonymous said...

    Pagi Mas Hendra...
    seblumnya salut utk anda yg berani memulai utk becoming a Entrepreneur :)
    Saya dari palembang, yg tertular virus entrepreneur dari produk2nya Entrepreneur Univ, dan virus itu smakin mewabah setelah saya baca artikel anda, so thanks for urs inspirate :)
    Sy baru pertama kali ingin terjun ke bisnis distro, pertama saya kesulitan di modal utk bisnis ini, so sy ikutin tips ke-5,hehe..
    hambatannya, di plbg sy ga ktemu dg makloon sablonnya, apa alternatif solusinya?
    - sablon yg bagus utk bhn combed 20s apa y?

    Mohon bantuan jawabannya yah mas, coz sy udah kebelet utk memasarkannya,tp terhambat produksiny... kalo ga keberatan, mohon jawabannya dikirim ke email saya: dave_beckz23@yahoo.com
    thank u so much :)

    Regards,
    Mr. Lie
    Palembang

    Anonymous said...

    EQ bukan entreprenuer question, mas
    tapi entrepreneur quotient

    Anonymous said...

    SALUT mas Hendra...

    Salam,

    Jacklein

    Anonymous said...

    makasi mas hendra,,
    pengalaman adalah guru yg t'baik,,
    mdah2an mas hendra bs ngutarain lagi pngalama2n lain dibidang yg sama,,
    derniz_aki@yahoo.com

    Anonymous said...

    Klo makloon pesanan kecil baju wanita di jkt dan skitarnya di mana ya? Plz inform. Thanks

    hendra said...

    Makloon di daerah jakarta saya tidak tahu bos, kalo di daerah bandung bisa bantu. thx

    Rian Febriana said...

    Ini baru postingan yg bermanfaat... Keren Mas... Lumayan buat referensi bisnis saya ke depan. Saat ini sy baru usaha reseller aja alias jual barang (marketting), belum terjun ke lini produksi, lumayan ada masukkan bagus.

    danang said...

    Setelah baca, nambah ilmu lagi.
    Terima kasih

    priska arpan said...

    halo mas aku priska arpan aku pengen nie buka distro tapi di medan payah cari kaos oblong yang bagus dan mura gimana caranya pesan kaus oblong dr bandung

    Anonymous said...

    kira-kira total modal yang harus dikeluarin berapa ya?

    kalo untuk nyewa tempat, saya blm siap modal. niatnya sih mau dipasarin langsung ke orang-orang terutama orang-orang terdekat, atau nitip di distro yg udah punya nama dulu.

    o ya,apa saya harus ambil kursus desain grafis dulu dgn biaya 2 jutaan/3 bln? niatnya sih supaya lebih menguasai dan ga tergantung sama orang lain hehe.

    ryomantic said...

    Salam kenal mas hendra..
    Dunia ini memaNg penuh keberuntungan,pertama saya Googling usaha clothing,eh yg nongol blognya sampeyan. pas ngecek about hendra,eh ternyata anak buahnya Pak Dirman jg (saya Hukum 03 UNSOED). Trus pas liat2 pict-nya njenengan,la koq kayanya saya pernah ketemiauw ya (yg ini belum pasti). mas pernah ngekost or ngontrak di GS (Griya Satria not Gang Sadar)??? cm tebakan iseng2 bener...
    yg pasti thanks buat info usaha clothingnya,klo emang ada jalan saya pengen punya hiburan dari kepenatan rutinitas sekarang (Alhmdlh PNS),punya usaha sampingan distrow kayanya maknyus..
    Salam Ngapak mas...

    Camilan Khas Bali said...

    mantaap postingannya brow...
    thanks banget infonya, jd semangat buka distro nie.
    salam sukses
    :d

    Okta Riadi said...

    makasih infonya salam sukses. . .

    ibnu hajar said...

    Salam kenal, Mantap Gan infonya..semoga sukses

    jakkojak said...

    salut...........