Thursday, August 26, 2010

Alat-alat sablon

Assalamualaikum wr wb

wah udah lama nih ga nulis,, hehe... kangen banget nulis lagi di blog, tapi berhubung sibuk terus(alesan) jadi baru kali ini bisa nulis lagi. oh iya sebelumnya selamat menunaikan Ibadah puasa ya ( telat banget) semoga lancar dan pull puasanya.

tulisan kali ini iseng-iseng nulis sedikit mengenai alat-alat sablon, barangkali aja ada yang pengen tau, nah langsung plototin aja ya. disini ga bakali di tulis detail, yang ringan-ringan aja, kalo mau detail boleh ditanyain aja ya..

1. Film sablon. gampangnya sih di sebut gitu, yang umum film sablon di print di kertas kalkir menggunakan printer laser, film ini merupakan hasil konversi gambar/desain yang udah di pisah warna.

2. Screen. untuk sablon manual pasti pake alat ini, bentuknya persegi empat, berupa kain screen yang dibingkai kayu. Ukurannya bermacam-macam, misalnya ada screen yang berukuran 30x40cm, 20x30 cm, dan seterusnya. selain ukuran dimensi besarnya ada juga ukuran kerapatan kain screen nya. misal T 61, T 90 dan seterusnya, makin besar ukurannya maka makin kecil pori-pori kain scrennya.

3. Rakel. Ni jodohnya Screen, alat ini untuk menyapukan tinta sablon, fungsinya seperti kuas kalo kita ngecat. Bahannya dari karet yang diberi pegangan kayu memanjang.

4. Pasta sablon. bisa juga di sebut cat sablon, pasta ini bermacam jenis, fungsi dan karakternya. tinggal di sesuaikan Bermacam-macam jenis dan nama tinta bergantung dari sablonan apa yang mo kita bikin. yang paling familiar dan banyak di gunain namanya tinta GL / Rubber. terus secara mudahnya ada 2 jenis tinta sablon water base dan oil base (plastisol)

5. obat sablon. banyak macamnya ada yang untuk afdruk, penguat, pembersih dan lain-lain.

6. Meja sablon. meja sablon ini banyak sekali macemnya, dari yang sederhana samapi yang otomatis, kalo yang sederhana terbuat dari kayu dan papan, bentuknya seperti meja biasa. kalo yang pabrikan namanya rotary, meja rotary ini ada yang otomatis dan ada yang semi otomatis, karena mahal jarang sekali jadi jarang yang pake. ada lagi meja sablon sekaligus meja afdruk, Meja ini terbuat dari rangka besi ato kayu. Di bagian atas adalah kaca transparan, dan dibawahnya diletakkan lampu neon.

7. Hair dryer. Jangan kira alat ini cuman dipake di salon aja. Ni berguna untuk mengeringkan sablonan, apalagi pada saat musim hujan yang jarang ada sinar matahari terik.

9. Tempat penjemuran. Ini bisa berupa kayu panjang berukuran 1,5 meter untuk tempat menjemur kaos yang sudah disablon agar cepat kering. Jumlahnya tergantung banyaknya kaos yang disablon. Peran sinar matahari terik sangat dibutuhkan agar proses pengeringan lebih cepat.

10. Beberapa peralatan pendukung. Seringnya kita lebih banyak membutuhkan beberapa peralatan pendukung agar menyablon lebih mudah dan cepat. Banyak perlatan yng kadang tak terpikirkan malah bisa membentuk proses menyablon ini.

sementara itu dulu ya sob, mudah-mudahan nanti bisa nulis secara detail mengenai aalt-alat sablon ini. pemanasan dulu setelah lama ga nulis ;)

ok semoga sukses..

wassalam


No comments: