Friday, March 23, 2007

Yoyox: Ujian Ketika Akan Berubah Menjadi TDA


Rekan TDAers....
Perkenalkan saya Yoyox, adiknya Hadi Kuntoro yang ada di kampung..saya bergabung di TDA sudah cukup lama tapi sebagai passive member yang hanya baca dan baca dari postingan rekan-rekan semua...Dari hasil baca milis TDA, tulisan-tulisan di blog rekan-rekan yangsangat "membakar", semua menggerakkan saya untuk menuju ke TDA...

Terus terang, saya iri dengan cerita rekan-rekan yang bisa berkumpulbersama, nonton film bersama dsb. Saya sangat ingin bergabung untuk semua hal itu. Namun satu hal yang membatasi saya adalah WAKTU. Sayatidak mempunyai waktu untuk hal itu karena saat ini saya masih menjadi TDB murni di sebuah bank swasta nasional di Kabupaten Wonosobo, dengan jabatan sebagai Unit Manager.

Setelah saya membaca buku-buku dari rujukan rekan-rekan TDA ditambah dengan renungan mengenai apa yang akan saya peroleh 5 tahun kedepan,akhirnya saya memutuskan, insya Allah, saya akan tinggalkan TDB padatanggal 1 April 2007 nanti, saya ingin mengelola toko kerudung Rabbani yang selama ini dikelola oleh istri saya, dan yang "kebetulan" juga toko saya yang ditunjuk oleh Rabbani sebagai Branch untuk distribusi kerudung Rabbani di wilayah Jawa Tengah.

Ujian baru dimulai.....Awal maret lalu saya membuat surat pengunduran diri saya ke ClusterManager. Smua tercengang tidak percaya... Ada apa ini? Ada yangberpikir saya hanya membuat sensasi, ada yang bilang ini adalah April MOP, ada juga yang bilang itu trik saya agar gaji saya dinaikkan...Saya hanya tersenyum...

Anehnya, 1 minggu kemudian anak buah saya etos kerjanya sangat luarbiasa... Mereka bisa bekerja melampaui target. Dan salah satu darimereka yang selama ini selalu tidak setuju dengan kebijakan-kebijakanyang saya bangun, tiba-tiba jadi penurut dan selalu menyempurnakan apa yang menjadi ide saya, yang saya harapkan dari dulu...

Hal itu semua yang akhirnya membuat Unit Kerja yang saya Pimpinmenjadi terbaik di wilayah Cluster... Padahal waktu saya mulai bergabung di Unit Wonosobo pada bulan November 2006 , unit inibukanlah unit unggulan. Banyak Kredit macet yang harus saya selesaikan, NPL 30%, pencapaian loan kredit 70% dari target, dan etos kerja dari karyawan yang ada sangat jauh dari harapan...Dan dengan waktu 4 bulan saya setidaknya dapat membuat unit ini grafiknya membaik dan mulai merangkak naik...

Tiap pagi di morning briefing semua karyawan yang ada meminta sayauntuk mencabut resign saya, mereka mau melakukan apa saja. Bahkan adayang bersedia kerja diluar jam kantor dengan tidak dibayar lembur asalkan saya masih memimpin mereka... Saya juga ditelpon langsung dari Wilayah, mengabarkan kalo grade saya naik dan gaji juga naik...

Subhanallah...Bimbang? Benar... saya merasakan kebimbangan yang amat sangat, apalagi waktu saya melihat slip gaji yang saya terima... Ada insentif yang besarnya hampir 4X gaji saya...
Saya tercenung.... ini ujian bagi tekad saya untuk menuju TDA, atau ini petunjuk dariNya bahwa jalan terbaik bagi saya adalah TDB?

Saya konsultasikan dengan istri mengenai hal ini... komentar istri,biar digaji 10x lipat pun, TDA akan jauh lebih baik..Kebetulan saya baca cuplikan di koran lama, yang isinya renungantentang 'waktu'... yang isinya jika ada satu hal yang dijual dimana pun, dengan harga berapa pun, oleh siapa pun dan pasti akan dibelitanpa ada penawaran adalah WAKTU... jadi waktu adalah hal yang sangat berharga dalam hidup.....dan TDA akan punya waktu...

So, apakah ini petunjuk? atau hanya referensi? TDAers.... saya sangat berterima kasih apabila ada yang sudi memberikan masukan....

Yoyox,
Member TDA, Wonosobo




No comments: